Minggu, 11 Mei 2014

5 Tips Mudah Mencatat Di Kelas 300x200 5 Tips Mudah Mencatat Di Kelas

 sumber: Google
 
Rahmat Hidayat, 28 Januari 2014
 
Intelektualitas serta  wawasan yang begitu luas yang dimilki oleh setiap mahasiwa merupakan suatu hasil dari proses yang dijalani di Perguruan Tinggi. Dalam proses perkuliahan yang dijalani selama beberapa tahun, begitu banyak ilmu yang didapatkan. Ilmu yang didapatkan selama proses perkuliahan kadang disampaikan dengan metode-metode yang berbeda. Dosen yang kadang menjelaskan setiap materi dengan mencatat di papan tulis, pemaparan di llayar, ataupun juga dengan cara menyampaikan secara lisan tanpa catatan. Bentuk ataupun metode pemaparan yang dilakukan oleh setiap dosen tentunya akan mempengaruhi mahasiswa dalam menangkap setiap materi.
 
Meskipun bentuk pemaparan materi yang dilakukan setiap dosen mempengaruhi mahasiswa dalam menangkap materi, tetapi mahasiswa juga seharusnya mempunyai cara dalam menangkap  setiap materi  agar mampu mengembangkan pokok bahasan yang didapatkan. Salah satu cara yang seringkali dilakukan oleh mahasiswa pada umumnya adalah dengan mencatat setiap materi ataupun bagian-bagian penting dalam pokok bahasan. Mencatat sebenarnya bukan hanya dilakukan oleh mahasiswa, tetapi sejak jenjang sekolah dasar pun mencatat sudah biasa dilakukan. Namun yang lebih dibahas dalam tulisan ini adalah persoalan catat mencatat di kalangan mahasiswa.
 
Catat mencatat dalam menerima materi meskipun dilakukan sejak di Sekolah Dasar namun bukan berarti bahwa pada jenjang perkuliahan proses catat mencatat dalam perkuliahan sudah tidak penting lagi. Hal ini yang sering kali terabaikan di kalangan mahasiswa, tak terkecuali saya. Tidak mencatat sering kali saya alami dengan alasan  kemalasan menulis, bisa ditangkap dengan cara mendengarkan ataupun  file materinya bisa dicopy. Sementara ada banyak manfaat dari mencatat materi perkuliahn dianttaranya adalah lebih fokus terhadap pembahasan, tidak mengantuk, bahan untuk diskusi serta bisa mengingat kembali materi pperkuliahan. Catatan juga sangat membantu dalam mengelola informasi/pengetahuan yang begitu banyak  dan dapat mempermudah dalam menghubungkan beberapa informasi/pengetahuan yang didapatkan.
Saya mengingat perkataan seorang senior saya yang mengtakan bahwa karena kita tak mampu mengikat semua pengetahuan dengan ingatan, maka ikatlah pengetahuan dengan cara mencatat. Ketika hanya menyimak/mendengarkan materi yang disampaikan pada perkuliahan, pengetahuan yang didapatkan bisa saja begitu banyak tapi tak ada jaminan bahwa pengetahuan tersebut akan bertahan begitu lama. Maka ketika kita lupa akan informasi/pengetahuan yang pernah didapatkan diperkuliahan maka dapat dilihat kembali pada catatan kita.
 
Satu hal yang juga cukup penting menurut saya adalah bahwa setiap informasi/pengetahuan yang didapatkan adalah juga merupakan tanggung jawab setiap dosen. Maka dari itu menurut saya, hal tersebut mmerupakan alasan mengapa setaip pertemuan pada umumnya mahasiswa mencatat tanggal pertemuan serta dosen pengajarnya.. hal ini tentunya diharapkan bisa mempertanggungjawabkan setiap informasi yang diperoleh.
Jadi, sebagai mahasiswa  yang dikenal sebagai seorang intelektual dan berwawasan luas yang harusnya mampu mempertanggungjawabkan setiap pengetahuannya, maka tentunya mencatat dalam proses perkuliahan tidak boleh diabaikan. Bukan hanya dalam proses perkuliahan secara formal, tetapi juga sangat penting dilakukan  kapan saja seperti pada diskusi-diskusi.
Catatlah informasi-informasi yang engkau butuhkan
Catatlah kejadian-kejadian yang penting bagimu
Catatlah apa yang sedang terlintas dalam pikiranmu
Serta catatlah segala hal tentang dirimu selama engaku masih bisa
 
Sebagaimana yang telah saya sampaikan di atas, tulisan ini pun merupakan SEDIKIT CATATAN dari apa yang sedang terlintas dalam pikiran saya.